Trik Agar Blog Muncul Di Mesin Pencari


Dalam membuat blog baru, para blogger harus dapat mengindekskan blog nya ke mesin pencari (google, yahoo, bing, dll) agar publik dapat melihat konten blog yang dipublish ke internet. Mengindekskan blog ke dalam mesin pencari sangat wajib dilakukan, agar konten anda mendapat view lebih banyak dan mungkin saja blog anda dapat disisipkan iklan, sehingga blog bisa menghasilkan uang.
Dalam hal mengindekskan blog ke mesin pencari, terkadang banyak blogger baru yang kesulitan dalam hal ini. Dalam post saya kali ini, saya akan berbagi trik agar blog anda lebih cepat diindeks mesin pencari.

1.     Daftarkan blog di Google Webmaster
Google Webmaster adalah alat crawler dari Google untuk mempermudah mesin pencari
untuk menemukan blog anda. Cara untuk mendaftarkan blog ke Google Webmaster sangatlah mudah. Adapun langkahnya:
·         Klik  Google Webmaster dan sign in dengan akun blog/google mu
·         Klik “Add Property”


·         Masukkan alamat blog anda dan klik “continue”



2.     Menggunakan “Ping Blog”
Fungsi ping blog adalah untuk memberitahukan kepada mesin pencari bahwa ada sesuatu yang baru pada blog, maka dengan melakukan ping blog, sesuatu yang baru itu akan lebih cepat terindeks oleh search engine (termasuk artikel terbaru). Tool Ping Blog yang sering saya pakai yaitu pingomatic, karena mudah digunakan.
Adapun cara untuk menggunakan Ping Blog, yaitu:
·         Klik pingomatic
·         Masukkan nama blog anda dan URL blog.
·         Check all
·         Klik “send pings”
·         Lakukan langkah-langkah ini secara berulang. Sampai blog anda terindeks.

3.     Upload konten blog secara teratur
Anda harus mengupload konten/artikel secara teratur. Mesin pencari hanya akan mengindeks blog yang mengupload konten secara teratur. Perlu diingat, artikel anda harus “fresh” atau tidak “basi”. Di sisi lain, jika anda menjaga blog anda segar dan diperbarui (meskipun memperbarui halaman indeks) maka spider mesin pencari akan terus datang kembali. Sebagai alasan kenapa banyak blog mempunyai peringkat baik dan artikel nya terindeks cepat tidak lain adalah karena si pemilik blog sering memperbarui situs mereka dengan konten atau postingan baru yang segar.

4.     Sharing via Social Media
Salah satu cara yang sangat cepat agar blog anda terindex mesin pencari adalah dengan membagikan (share) konten anda pada situs social media yang banyak di jumpai sekarang ini seperti Twitter, Facebook, WhatsApp dll. Selain itu blog anda juga akan mendapatkan traffic dari situs social media tersebut.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RUU Praktik Psikologi, Dukung dan Awasi!

Mendeteksi Kebohongan di Wajah dan Mata

Fisiognomi Perempuan (Kepribadian berdasarkan bentuk tubuh)