Mengenal Bahasa Tubuh Atau Nonverbal



Apakah sebenarnya komunikasi nonverbal itu?
Komunikasi nonverbal dikatakan sebagai perilaku nonverbal atau bahasa tubuh. Ini adalah cara untuk menyampaikan informasi, seperti kata-kata. Namun, “kata-kata” tersebut disampaikan melalui ekspresi wajah, gerakan tubuh, sentuhan (haptics), gerakan fisik (kinesics), postur, hiasan tubuh (pakaian , perhiasan, tatanan rambut, tato), dan bahkan intonasi, dan volume suara seseorang (bukan isi pembicaraan). Sekitar 60-65 persen komunikasi antarpribadi terdiri dari perilaku nonverbal dan, saat bercinta, seratus persen komunikasi di antara pasangan terdiri dari komunikasi nonverbal. Cukup menarik bukan?
Komunikasi nonverbal dapat membuka pikiran , perasaan , dan niat seseorang yang sebenarnya. Perilaku nonverbal memberi tahu kita tentang apa yang berada dipikiran seseorang. Bayangkan saja jika kamu dapat membaca pikiran seseorang dengan hanya melihat Bahasa tubuh yang dia perlihatkan.
Bahasa tubuh kerap kali LEBIH JUJUR dari pernyataan verbal seseorang, yang dirancang secara sadar untuk mencapai tujuan sang pembicara.


Menggunakan perilaku nonverbal untuk membantu hidup anda
Satu hal yang menarik tentang perilaku nonverbal adalah kemampuannya untuk diterapkan secara universal. Ilmu ini bekerja dimana ada interaksi manusia. Bahasa nonversal sangat relevan di situasi apapun dan dapat diandalkan. Saat anda memahami arti dari sebuah perilaku nonverbal yang spesifik, anda dapat menggunakan informasinya dalam situasi yang berbeda-beda dan dalam semua jenis lingkungan. Faktanya, sulit bagi kita untuk berinteraksi secara efektif tanpa menggunakan isyarat nonverbal.
Alasan orang untuk pergi ke tempat orang-orang yang banyak atau tempat pertemuan sejenisnya adalah karena adanya keinginan untuk mengekspresikan dan mengamati komunikasi nonverbal secara langsungMengapa? Karena, Bahasa nonverbal sangat berpengaruh dan memiliki makna. Apapun yang anda pelajari di dalam blog ini, anda akan dapat menggunakan dalam situasi dan lingkungan apapun. 

Pelajari cara mengenali perilaku nonverbal yang unik
Perilaku nonverbal universal mewakili sejumlah tanda-tanda fisik yang relating sama tiap orang. Ada tipe tanda fisik kedua yang dinamakan perilaku yang unik dan merupakan sinyal yang relative unik pada seseeorang.               
Untuk mengidentifikasi sinyal yang unik, anda harus melihat pola perilaku orang-orang yang sering berinteraksi dengan anda. Semakin baik anda mengenali individu tersebut, atau semakin lama anda berinteraksi dengannya, akan lebih baik anda untuk menemukan informasi ini karena anda memiliki kumpulan data yang menjadi refrensi penilaian anda. 
          




Komentar

Postingan populer dari blog ini

RUU Praktik Psikologi, Dukung dan Awasi!

Mendeteksi Kebohongan di Wajah dan Mata

Fisiognomi Perempuan (Kepribadian berdasarkan bentuk tubuh)